Pengertian Surat Niaga dan Contohnya

Mungkin kalian tidak asing lagi mengenai contoh surat niaga bukan. Memang surat niaga ini tidak terlalu dibutuhkan sekali oleh pembeli. Mungkin surat niaga hanya di butuhkan oleh kantor-kantor atau perusahaan yang besar dan dikirim jarak yang cukup jauh.

Untuk itu surat niaga dibuat oleh penjual bertujuan memudahkan pelanggannya melihat berapa banyak uang yang harus dikeluarkan oleh pelanggannya tersebut. Mungkin dari kalian juga masih belum tahu contoh surat niaga? Pengertian surat niaga?

Maka dari itu saya akan jelaskan mengenai pengertian surat niaga beserta contoh surat niaga tersebut. Mau tau bagaimana contoh surat niaga ini? Yuk simak artikel ini

Pengertian Surat Niaga

Pengertian Surat Niaga
http://www.artikelsiana.com

Surat niaga adalah Suatu yang telah dibuat atau dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi untuk keperluan niaga dan bisnis.

Adapun pengertian lainnya, surat niaga adalah jenis surat yang resmi isinya berupa dengan penawaran, pemesanan barang, jual beli barang atau jasa, contoh voice atau faktur sehingga sering disebut sebagai surat dagang

Dengan kata lain, surat niaga merupakan surat resmi yang dibuat oleh seseorang atau perusahaan untuk mencari keuntungan dari kegiatan bisnis atau perdagangan ini. 

Surat niaga juga bisa  bersifat di dalam maupun di luar perusahaan, tergantung pada situasinya juga. Dalam hal intern atau di dalam perusahaan, surat niaga juga digunakan untuk hubungan kontak antara pihak-pihak tertentu di dalam satu wadah perusahaan.

Sedangkan dalam hal ekstern atau di luar perusahaan, surat niaga sangat digunakan untuk hubungan dengan pihak lain yang berada  di luar perusahaan, baik itu perorangan maupun perusahaan atau instansi.

Contoh Surat Niaga

Contoh Surat Niaga
www.suratresmi.net

Yuk kita lanjut lebih kebawah lagi untuk menuju contoh-contoh surat niaga antara lain sebagai berikut :

Contoh Surat Niaga Mengenai Penawaran barang

Contoh Surat Niaga Mengenai Penawaran Barang
tugasgurusekolah.blogspot.com

Jika perusahaan kalian ini adalah perusahaan yang selalu memproduksi barang-barang atau produk. Maka penawaran barang produk kepada pihak lain inilah yang menjadi poin yang bagus untuk memperkenalkan barang produk kalian. https://bisakali.net/

Contoh Surat Niaga Mengenai Pengiriman Barang

Contoh Surat Niaga Mengenai Pengiriman Barang
www.slideshare.net

Biar lebih nyambung lagi kalian ini masih pemegang perusahaan seperti diatas yang memproduksi barang.

Setelah ada penawaran pasti orang akan tertarik dan memesan produk kita bukan? Untuk itu kalian juga harus membuat surat mengenai pengiriman barang juga agar tidak ada kebohongan antara kedua belah pihak ini

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan dalam artikel ini, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih