Cara Sehat dengan Mengatur Pola Makan yang Baik

Cara Sehat dengan Mengatur Pola Makan yang Baik – Asalkan ada niat, menjalai pola makan sehati itu gampang. Untuk urusan makan sehat, Kerry Neville, RD, juru bicara American Dietetic Association, punya trik unik dalam membentuk niat. Alih-alih menahan keinginan untuk mencoret daftar makanan berlemak, misalnya, lebih bak memikirkan bagaimana cara menambah asupan serat, dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah jual smart detox. Neville percaya, saat kita menekankan pikiran pada hal yang positif (menambah asupan makanan tertentu), hasilnya akan lebih baik daripada yang negatif (menghilangkannya dari daftar makanan sehari-hari).

Cara Sehat dengan Mengatur Pola Makan yang Baik
Cara Sehat dengan Mengatur Pola Makan yang Baik

Kalau pun ada jenis makanan yang sebaiknya dihindari, anda tidak perlu risau. “Ganti saja dengan bnetuk sejenis, tapi yang kualitas gizinya lebih baik,” kata Jennifer Anderson, RD, Profesor dari Department of Food Science and Human Nutrition, Colorado State University, memberi alternatif. Dengan begitu, proses memulai pola makan sehat tidak lagi terasa berat. Mau mencoba? Berikut contekannya.

DARIPADA KENTANG, LEBIH BAIK PILIH UBI MERAH

Ubi punya kenikmatan yang samadengan kentang, namun gizinya jauh lebih baik. Satu buah ubi manis ukuran sedang mengandung vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari (berupa beta-carotene). Selain itu, ubi juga mengandung 57 persen serat dan 55 persen vitamin C lebih banyak daripada kentang harga smart detox. Variasikan saja cara penyajiannya, mulai dari bakar, panggang, rebus, bahkan tumbuk. Karena dagingnya tebal dan basah, ubi akan selalu terasa lezat walau tanpa tambahan apa pun

DARIPADA MAYONES, LEBIH BAK PILIH ALPUKAT

Apakah anda mencari bahan yang kental untuk dioleskan di atas sandwich? Cobalah alpokat. Tiap sendok makan buah ini mengandung separuh lemak dan separuh kalori dari mayones. Sensasi creamu-nya sama, karena alpokat juga mengandung lemak. Bedanya, lemak dalam alpokat berupa lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat) yang tidak berbahaya bagi jantung. Sebagai bonusnya, kita juga akan mendapatkan serat, folat, niasin, vitamin B6, dan vitamin K dengan kadar seimbang

DARIPADA COKELAT SUSU (milk chocolate) lebih baik pilih cokelat hitam (dark chocolate)

Rasa pahit cokelat hitam berasal dari flavonoid, sejenis antioksidan pelindung jantung. Senyawa ini hanya sedikit terdapat dalam cokelat susu, juga cokelat putih. Penelitian menunjukkan, menambahkan sedikit cokelat hitam ke dalam menu diet dapat meningkatkan kesehatan. Salah satu cara kerjanya adalah dengan menurunkan tekanan darah. Sebagai petunjuk, anda bisa memperhatikan kandungan cokelat yang tercantum pada label kemasan. Semakin tinggi presentase cokelatnya, makin tinggi pula kadar flavonoidnya. Kadar cokelat hitam biasanya mencapai 70 persen, bahhkan lebih.

DARIPADA CROUTON, LEBIH BAIK PILIH KENARI

Seperti halnya crouton, kenari memberi citarasa yang tajam dan garing pada salad. Bedanya, kenari mengandung protein, serat, dan lemak yang baik sebagai sumber energi. Kandungan alphalinolenic acid, sejenis asam lemak omega—3 dalam kenari juga tinggi, sehingga bermanfaat mencegah penyakit jantung. Selain itu, kenari pun mengandung melatonin yang berperan menjaga pola tidur dan fitosterol yang mengontrol kadar olesterol dalam tubuh. Untuk menambah nuansa garing seperti yang terdapat pada crouton, panggang kenari sampai garing, lalu taburkan pada salad atau sup

DARIPADA JAMUR KANCING, LEBIH BAIK PILIH JAMUR SHIITAKE

Shiitake lebih unggul daripada jamur lainnya karena memiliki nilai medis yang tinggi. Berdasarkan studi intensif di Asia, shiitake mengandung lentinan, semacam karbohidrat yang merangsang sistem kekebalan tbuh ntuk mencegah dan melawan sel kanker. Kandunga lainnya, eritadenine, dapat mengurangi kadar kolesterol. Kelezatan shiitake cocok disajikan dengan masakan kuah, saus, dan kuah daging. Jika tidak suka dengan teksturnya yang keras dan berserat, buang saja batangnya. Namun, bagi yang menyukai sensasi citarasa tanah, menyertakan batang shiitake dalam rebusan daging juga layak dicoba.

DARIPADA TEPUNG TERIGU, LEBIH BAIK PILH TEPUNG GANDUM

Dengan lebih banyak mengkonsumsi tepung gandum (whole grain), kita dapat mengurangi risiko diabetes, sakit jantung, stoke, dan kegemukan. Saat membuat kue atau pastel ttup, misalnya, coba kurangi komposisi tepung terigu hingga separuhnya, kemudian ganti sisanya dengan tepung gandum. Dengan begitu, kita akan memperoleh lebih banyak asupan serat, asam lemak omega-3, serta antioksdan. Tepung gandum juga lebih sehat karena umumnya diolah dengan proses pengolahan yang lebih sederhana daripada tepung terigu.

DARIPADA MINYAK JAGUNG, LEBIH BAIK MINYAK CANOLA

Minyak jagung dikenal memiliki kandungan lemak jenuh ganda omega-6 yang sangat tinggi . Dalam jumla tertentu, jenis lemak ini memang bermanfaat. Namun tanpa disadari, kita sering mengkonsumsinya secara berlebih. Padahal, kelebihan omega-6 akan mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan omega-3,memicu peradangan sel, dan mengundang gangguan penyait. Minyak canola menjadi alternatif karena minya k ini mengandung omega-3 lebih banyak yang membantu mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, rasanya netral dan bisa digunakan untuk memanggang atau menumis.

DARIPADA KRIM MASAM (SOUR CREAM) LEBIH BAIK PILIH YOGURT TAWAR (PLAIN YOGURT)

Saat makan yogurt, artinya kita hanya mengonsumsi separuh (bahkan kurang) dari kalori yang terdapat dalam krim masam. Lemak jenuhnya pun hanya sepertiganya. Kabar baiknya lagi, yogurt menganung 16 persen kalsium lebih banyak daripada krim masam. Tuangkan yogurt pada hidangan panggang, pasta keju, potongan buah, atau sebagai hiasan makanan. Yang perlu diingat, ukuran lebih sehat ini hendaknya tidak dijadikan alasan untuk mengkonsumsi secara berlebihan. Tetap secukupnya saja….

Demikian Cara sehat dengan mengatur pola makan yang baik  dan semoga bermanfaat