Pengertian Berita, Syarat Berita, Struktur Berita, dan Contohnya

Pengertian Berita, Syarat Berita, Struktur Berita, dan Contohnya_Hello sobat semua, pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang berita, yang pembahasanya  meliputi pengertian berita, syarat berita, struktur berita dan juga contoh sebuah berita. Nah, dan untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama-sama.

Pengertian Berita
Pengertian Berita

Pengertian Berita

Berita adalah suatu peristiwa atau suatu kejadian yang terkini/aktual. Suatu peristiwa bisa di katakan berita apabila peristiwa tersebut sudah di laporkan. Berita merupakan sebuah fakta atau informasi dari peristiwa yang di siarkan. Peristiwa yang masih terserak di lapangan atau TKP dan belum di siarkan, belum bisa disebut sebagai sebuah berita.

Jika kita lihat dari penjelasan di atas sebelum perkara tersebut di tulis dan disiarkan maka belum menjadi sebuah berita, sama halnya dalam membuat isi dari tulisan tentang berita tersebut, pengertian artikel atau berita juga dapat di kategorikan sebagai media penyampai untuk masyarakat luas.

Syarat Berita

Berita harus memiliki syarat-syarat tertentu yang harus di lengkapi sehingga sebuah informasi layak di sebut sebagai berita. Syarat-syarat tersebut antara lain yaitu:

  • Sebuah berita harus lah mempunyai sumber informasi yang jelas, baik itu fakta maupun sebuah opini atau pendapat orang lain.
  • Harus memiliki unsur 5W+1H
  • Dapat untuk di pertanggung jawabkan kebenaran beritanya.
  • Berita harus informasi yang fresh, terbaru dan layak untuk di bahas.
  • Berita harus menggunakan struktur yang telah di tentukan, sesuai dengan kaidah berita, dan juga lengkap.
  • Berita harus menarik untuk di baca dan di bahas.

Unsur 5W+1H

Unsur ini  adalah sebuah syarat sebuah informasi agar memiliki data yang akurat dan juga lengkap, sehingga bisa di sebut dengan sebuah berita. 5W+1H meliputi:

  • What, apa yang terjadi?
  • Who, siapa yang terlibat?
  • Where, di mana kejadiannya?
  • Why, mengapa ini bisa terjadi?
  • When, kapan kejadian ini terjadi?
  • How, bagaimana proses kejadianya?

Struktur Berita

Setiap berita/informasi yang di sampaikan pastilah memiliki kerangka atau struktur, tujuanya adalah untuk mempermudah dalam penyampaian dan penyusunan suatu berita. Adapun struktur berita tersebut yaitu:

  • Orientasi Berita, merupakan bagian yang berisi pembukaan yaitu tentang informasi awal yang akan disampaikan.
  • Peristiwa, yaitu bagian yang berisi inti berita mengenai informasi siapa yang terlibat, dimana tempat kejadian, apa penyebabnya dan bagaimana peristiwa terjadi.
  • Sumber berita, yaitu merupakan bagian yang berisi sumber informasi suatu berita.

Contoh Berita                                                                                                            

Berikut adalah contoh berita yang masih hangat dan sedang di perbincangkan saat ini.

Telah terjadi Gempa Bumi dengan kekuatan magnitude 7,7 yang kemudian di mutahirkan oleh BMKG menjadi magnitudo 7,4 telah mengguncang wilayah Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada  jumat 28 september 2018 pukul 18.02 WITA. Sumber gempa berasal dari Sesar Palu Karo.

Dampak gempa dengan kekuatan M 7,4 di rasakan sangat keras. Berdasarkan analisis guncangan gempa di rasakan pada daerah sekitar Kota Palu hingga ke Utara di wilayah Kabupaten Donggala dengan intensitas gempa VI-VII MMI (keras sampai sangat keras). Beberapa wilayah di daerah Donggala meliputi daerah Parigi, Kasimbar, Tobolf, Toribulu, Dongkalang, Sabang dan Tinombo memiliki intensitas gempa VI-VII MMI. Diperkirakan di derah ini banyak mengalami kerusakan.

Laporan sementara banyak bangunan yang roboh akibat gempa dengan magnitude 7,4 ini. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah mencari perlidungan. Saat peringatan dini tsunami diaktivasi, masyarakat merespon dengan mengungsi ketempat yang lebih aman. Hingga saat ini pendataan masih dilakukan.