Biaya Pap Smear dengan BPJS Kesehatan

Sebelum membahas berapa Biaya Pap Smear, kenali terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan pap smear? Agar Anda bisa tahu juga kegunaan serta seberapa pentingkah melakukan pap smear.

Pap smear merupakan salah satu pemeriksaan yang biasanya dilakukan oleh para wanita untuk diambil sel-sel yang berada di leher rahim. Nah sel-sel tersebut akan diperiksa dengan menggunakan mikroskop.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi  orang yang melakukan pap smear apakah ada atau tidak ada potensi kanker serviks. Hal ini yang paling umum dilakukan. Selain itu ada juga test IVA yakni Inveksi Visual Asam Asetat.

Sebagian orang ada yang takut melakukan pap smear dan ada juga terkendala dengan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu banyak yang bertanya berapa sih Biaya Pap Smear yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pap smear.

Persiapan Pap Smear

Kesehatan tubuh memang sangat penting. Salah satunya yaitu dengan cara menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit saat ini seperti kanker serviks. Jika sudah ada gejala kanker serviks stadium awal sebaiknya segera di periksakan. Di samping minum serta mengkonsumsi makanan yang sehat, perlu adanya melakukan hal lainya juga.

Seperti contoh melakukan pap smear. Dengan melakukan pap smear, Anda bisa mendeteksi bahwa Anda terjangkit atau tidak terjangkit virus yang berbahaya yakni virus Hpv yang mana bisa menyebabkan kanker serviks.

Untuk melakukan test pap smear yaitu untuk para wanita yang berumur 35 tahun hingga 55 tahun. Kenapa yang berumur antara umur 35 hingga 55 tahun? Karena umur segini ini biasanya sangat rentang didiagnosa terjangkit penyakit kanker serviks.

Biaya Pap Smear

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan cara melakukan pap smear. Untuk biaya yang harus dikeluarkan tidak merogok kocek dalam-dalam kok. Anda bisa mempersiapkan  uang sekitar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Harga segini untuk pap smear yang berbasis cairan.

Nah perlu And aketahui bahwa bulan kemaren pap smear yang dilakukan gratis tanpa biaya sepeserpun karena bisa menggunakan kartu BPJS kesehatan. Jadi Anda bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan Anda.

Namun, sebelum memakai kartu BPJS, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada petugas yang ada di rumah sakit atau puskesmas tersebut apakah penggunaan kartu BPJS Kesehatan masih berlaku untuk digunakan melakukan test pap smear tanpa ada Biaya Pap Smear.